Rabu, 05 Agustus 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 1, 2, dan 3
Alokasi Waktu : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar : 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Tujuan : 1. Siswa mampu memahami konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya
2. Siswa mampu menyusun rencana penelitian pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan

======================================================================

I. Indikator
• Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
• Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
• Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
• Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan
• Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
• Menyusun unit-unit penelitian
• Membuat tabel pengamatan
• Menyusun rencana penelitian tertulis

II. Materi Ajar
• Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
• Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
1. faktor internal
2. faktor eksternal
• Menyusun rencana penelitian

III. Metode Pembelajaran
Pengamatan – Diskusi – Penugasan – Presentasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala pertumbuhan terutama pada tumbuhan.
• Siswa bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.

B. Kegiatan inti (60 menit)
• Siswa bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah.
• Siswa bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan.
• Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
• Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam (internal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.

C. Kegiatan akhir (20 menit)
• Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan.
• Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen dengan Kegiatan 1.1. Pertumbuhan dan perkembangan pada buku halaman 16 di rumah.

Pertemuan 2 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (20 menit)
• Guru menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan 1.1.
• Siswa bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah dengan menggunakan Kegiatan 1.1.

B. Kegiatan inti (60 menit)
• Guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.
• Guru menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat rencana penelitian untuk menguji adanya pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan dengan menggunakan Proyek di buku halaman. 23.
• Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana penelitian.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum selesai dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.
• Guru menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
• Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.

B. Kegiatan inti (70 menit)
• Masing-masing kelompok secara bergantian melakukan presentasi.
• Siswa yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran, dan usulan.
• Guru memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan rencana penelitian setelah satu kelompok tampil presentasi.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
• Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
• Alat bantu presentasi

VI. Penilaian
• Tugas kelompok penyusunan proposal
• Presentasi proposal penelitian
• Uji kompetensi tertulis







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : -
Alokasi Waktu : 0 × 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar : 1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Tujuan : Siswa mampu melaksanakan penelitian pengaruh beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, mencatat hasil, dan menyusun laporan

====================================================================

I. Indikator
• Menyiapkan alat dan bahan
• Memberikan perlakuan
• Mengukur hasil dan mencatat dalam tabel pengamatan
• Menganalisis data hasil pengamatan
• Menyimpulkan hasil penelitian
• Menyusun laporan tertulis hasil penelitian

II. Materi Ajar
• Membuat unit-unit penelitian
• Memberi perlakuan
• Mengukur kecepatan pertumbuhan
• Mencatat hasil pengukuran dalam tabel pengamatan
• Mengolah data hasil pengamatan
• Menarik kesimpulan berdasarkan data yang diolah
• Melaporkan hasil penelitian

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Seluruh kegiatan dilaksanakan secara mandiri oleh kelompok. Sambil menunggu semua kelompok selesai melakukan penelitian dan mempresentasikan hasilnya kegiatan belajar dapat dilanjutkan dengan KD selanjutnya.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
• Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
• Tugas laporan hasil penelitian








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 4 dan 5
Alokasi Waktu : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar : 1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Tujuan : Siswa dapat mengkomunikasikan hasil penelitian secara tertulis dan lisan.

======================================================================

I. Indikator
• Mempresentasikan hasil penelitian secara lisan

II. Materi Ajar
• Tehnik presentasi

III. Metode Pembelajaran
Penugasan - Diskusi- Presentasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 4 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menjelaskan teknis pelaksanaan presentasi.
• Guru mengatur urutan presentasi tiap kelompok.

B. Kegiatan inti (70 menit)
• Siswa dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa lain yang tidak presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.

C. Kegiatan akhir (20 menit)
• Guru memberi penilaian umum pelaksanaan presentasi.

Pertemuan 5 (2 X 45 menit)

A. Kegiatan awal (5 menit)
• Guru memberi kesempatan kelompok untuk presentasi sesuai dengan urutan yang sudah disepakati.

B. Kegiatan inti (75 menit)
• Siswa dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa yang tidak presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru memberikan kesimpulan akhir presentasi.

V. Alat / Bahan/ Sumber
• Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
• Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
• Alat bantu presentasi

VI. Penilaian
• Presentasi




















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 6 dan 7
Alokasi Waktu : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
Tujuan : 1. Siswa mampu menjelaskan struktur enzim dan fungsinya dalam reaksi metabolisme
2. Siswa mampu menguji prinsip kerja enzim dengan eksperimen

=====================================================================

I. Indikator
• Mendeskripsikan struktur enzim
• Menguji kerja enzim dengan enzim
• Menyimpulkan prinsip kerja enzim

II. Materi Ajar
• Struktur enzim
• Prinsip kerja enzim

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen - Dikusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 6 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (15 menit)
• Guru menunjukkan beberapa aktivitas yang membutuhkan energi.
• Guru menanyakan asal energi yang digunakan oleh tubuh.
• Guru bersama siswa mendiskusikan pengertian metabolisme.
• Guru bersama mendiskusikan peranan enzim dalam reaksi metabolisme.

B. Kegiatan inti (60 menit)
• Siswa bersama guru mendiskusikan struktur enzim.
• Siswa bersama guru mendiskusikan cara kerja enzim.
• Siswa bersama guru mendiskusikan sifat-sifat enzim sebagai biokatalisator.
• Siswa bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.

C. Kegiatan akhir (15 menit)
• Guru menyimpulkan peranan, struktur, cara kerja, dan faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
• Guru membagi kelompok untuk Kegitan praktikum 2.1 pada pertemuan, berikutnya dan menugaskan masing-masing kelompok untuk membawa hati untuk kegiatan praktikum.




Pertemuan 7 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (20 menit)
• Guru membagi kelompok dan meminta siswa untuk menyiapkan eksperimen. pengaruh konsentrasi substrat terhadap aktivitas enzim dengan menggunakan Kegiatan 2.1.
• Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan 2.1

B. Kegiatan inti (60 menit)
• Siswa melakukan eksperimen dengan Kegiatan 21.
• Siswa mencatat hasil pengamatan.
• Siswa menyimpulkan hasil eksperimen dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
• Siswa menyusun laporan hasil praktikum.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa bersama guru menyimpulkan hasil praktikum.
• Siswa mengumpulkan laporan.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
• Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
• Laporan hasil praktikum
• Uji kompetensi tertulis

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 8 , 9, 10 , 11, dan 12
Alokasi Waktu : 10 × 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
Tujuan : Siswa dapat membedakan dan mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat

======================================================================

I. Indikator
• Mendefinisikan pengertian metabolisme
• Menguji reaksi respirasi dengan eksperimen
• Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi
• Membandingkan respirasi aerob dan anerob berdasarkan ATP yang dihasilkan
• Menguji proses fotosintesis dengan eksperimen
• Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi fotosintesis

II. Materi Ajar
• Proses respirasi
• Tahap-tahap reaksi respirasi
• Proses fotosintesis
• Tahap-tahap reaksi fotosintesis

III. Metode Pembelajaran
Diskusi-Eksperimen-Penugasan

VI. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 8 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan pengertian katabolisme dan contoh reaksi katabolisme.
• Guru menunjukkan beberapa gejala yang menunjukkan adanya proses respirasi.
• Guru bersama siswa mendiskusikan peranan respirasi bagi manusia.

B. Kegiatan inti (60 menit)
• Guru menjelaskan reaksi umum respirasi.
• Guru meminta siswa dalam kelompok mendiskusikan cara membuktikan reaksi respirasi.
• Siswa menjelaskan cara membuktikan reaksi respirasi hasil diskusi kelompok.

C. Kegiatan akhir (20 menit)
• Guru bersama siswa menyimpulkan proses respirasi.
• Guru menjelaskan bahwa reaksi respirasi sebenarnya merupakan rangkaian banyak reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.
• Guru menugaskan siswa mempelajari tahap-tahap reaksi respirasi.

Pertemuan 9 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (20 menit)
• Guru menjelaskan bahwa reaksi respirasi bukanlah merupakan reaksi tunggal, tetapi merupakan rangkaian reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.
• Dengan menggunakan Gambar 2.15, guru menjelaskan hubungan antara ketiga tahap reaksi tersebut dalam proses respirasi.

B. Kegiatan inti (60 menit)
• Dengan menggunakan Gambar 2.16, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi glikolisis.
• Berdasarkan tahap-tahap reaksi glikolisis siswa mendiskusikan pengertian glikolisis dilihat dari aspek zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
• Dengan menggunakan Gambar 2.17, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi pada siklus Krebs.
• Berdasarkan tahap-tahap siklus Krebs siswa menyimpulkan pengertian siklus krebs dilihat dari zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
• Dengan menggunakan Gambar 2.18, siswa mendiskusikan proses transpor elektron dan hasilnya.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa bersama guru mendiskusikan hasil repirasi apabila yang masuk dalam reaksi fotosintesis adalah glukosa.

Pertemuan 10 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (20 menit)
• Guru menjelaskan bahwa makhluk hidup dapat melakukan dua macam reaksi repirasi yaitu respirasi aerob dan anaerob.
• Siswa mendiskusikan perbedaan pengertian reaksi aerob dan anaerob.
• Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara respirasi anaerob dan fermentasi.

B. Kegiatan inti (50 menit)
• Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa reaksi fermentasi.
• Siswa menyimpulkan jumlah ATP yang dihasilkan dalam fermentasi.

C. Kegiatan akhir (20 menit)
• Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan reaksi repirasi aerob dan anaerob dilihat dari ATP yang dihasilkan.

Pertemuan 11 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 2.2 (daun Geranium sudah disiapkan beberapa hari sebelumnya.
• Siswa mengambil alat dan bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan eksperimen.

B. Kegiatan inti (40 menit)
• Siswa melakukan kegiatan pengujian daun Geranium dengan menggunakan Kegiatan 2.2.
• Siswa mencatat hasil pengamatan.
C. Kegiatan akhir (40 menit)
• Guru menjelaskan reaksi umum fotosintesis
• Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara hasil eksperimen dengan reaksi fotosintesis.
• Siswa bersama guru mendiskusikan struktur daun dan bagian daun (kloroplas) tempat berlangsungnya fotosintesis.

Pertemuan 12 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (20 menit)
• Guru menjelaskan pengertian reaksi anabolisme.
• Siswa bersama guru mendiskusikan contoh reaksi fotosintesis dan kemosintesis sebagai contoh reaksi anabolisme.
• Guru mengingatkan kembali stuktur kloroplas (grana dan stroma) dan peranannya dalam fotosintesis.

B. Kegiatan inti (60 menit)
• Siswa bersama guru mendiskusikan pengikatan energi cahaya matahari dalam reaksi terang fotosintesis dan hasilnya.
• Siswa bersama guru mendiskusikan penggunaan hasil reaksi terang untuk pembentukan glukosa dalam reaksi gelap (siklus Calvin).

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa menyimpulkan proses fotosintesis dan hasilnya.
• Guru menugaskan siswa siswa membuat bagan atau skema proses metabolisme dengan Kegiatan 2.3. Media yang digunakan bebas bisa berupa kertas maupun menggunakan power point.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
• Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
• Laporan hasil praktikum
• Uji kompetensi tertulis
• Bagan proses metabolisme



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 13
Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar : 2.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein
Tujuan : Siswa mampu membedakan dan menjelaskan keterkaitan antara metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein

=======================================================================

I. Indikator
• Mendeskripsikan hubungan katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat

II. Materi Ajar
• Proses katabolisme lemak
• Proses katabolisme protein
• Hubungan proses katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat

III. Metode Pembelajaran
Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 13 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menjelaskan bahwa dalam sel tidak hanya karbohidrat yang bisa menjadi bahan katabolisme untuk memperoleh energi, tetapi lemak dan protein juga.

B. Kegiatan inti (60 menit)
• Dengan menggunakan Gambar 2.29, siswa bersama guru menjelaskan hubungan antara katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbandingan jumlah energi pada katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak

C. Kegiatan akhir (20 menit)
• Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan proses katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein
• Siswa bersama guru menyimpulkan perbandingan jumlah energi yang dihasilkan pada metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
• Buku kerja siswa 1IIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
• Uji kompetensi tertulis



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 14, 15, dan 16
Alokasi Waktu : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
Tujuan : Siswa mampu membedakan dan menjelaskan tentang gen, DNA, dan kromosom

=======================================================================

I. Indikator
• Mendeskripsikan hubungan sel, kromosom, gen, dan DNA
• Mendeskripsikan struktur DNA
• Mendeskripsikan proses replikasi DNA
• Mendeskripsikan struktur RNA
• Membedakan DNA dan RNA

II. Materi Ajar
• Struktur sel dan kromosom
• Hubungan kromosom, gen, dan DNA
• Struktur DNA
• Replikasi DNA

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 14 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru mengidentifikasi pemahaman siswa tentang gen (sifat yang dapat diturunkan) dengan memberi pertanyaan-pertanyaan untuk diskusi.

B. Kegiatan inti (70 menit)
• Dengan diberikan gambar sel, siswa diminta untuk mengidentifikasi bagian sel yang membawa sifat gen.
• Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kromosom sebagai tempat gen tersimpan.
• Guru memberikan gambar kariotipe manusia siswa memotong-motong gambar tersebut dan mengurutkan berdasarkan ukurannnya dengan menggunakan Kegiatan 3.1.
• Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.
• Siswa bersama guru mendiskusikan simbol gen dan alel.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.

Pertemuan 15 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menjelaskan bahwa gen tersusun atas molekul DNA.
• Guru menjelaskan beberapa hasil penelitian tentang DNA (misalnya aturan Chargaf dan foto sinar X molekul DNA).

B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru bersama siswa mendiskusikan komponen penyusun molekul DNA (Deoksiribosa, basa nitrogen, dan gugus fosfat).
• Siswa bersama guru mendiskusikan arti penting temuan chargaf dan foto sinar X DNA bagi penemuan struktur tiga dimensi DNA oleh Watson dan Crick.
• Dengan menggunakan Gambar 3.11 dan 3.13 atau model DNA, siswa bersama guru mendiskusikan struktur tiga dimensi DNA menurut Watson dan Crick.
• Dengan menggunakan Gambar 3.14, siswa mendikusikan berbagai hipotesis replikasi DNA dan menentukan yang paling benar.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa bersama guru menyimpulkan struktur DNA dan proses Replikasi DNA

Pertemuan 16 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal
• Guru menanyakan kembali struktur DNA sebagai substansi genetika.
• Guru menjelaskan bahwa selain DNA sebagai substansi genetika DNA juga berkaitan dengan molekul RNA.

B. Kegiatan inti
• Siswa bersama mendiskusikan struktur RNA.
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan DNA dan RNA.
• Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai jenis RNA dan fungsinya.

C. Kegiatan akhir
• Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi RNA.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
• Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
• Uji kompetensi tertulis

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 17
Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.2 Menjelaskan hubungan gen, DNA-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan hubungan antara gen, DNA, RNA, polipeptida, dan proses sintesis protein

======================================================================

I. Indikator
• Menjelaskan kode genetik (Kodon)
• Mendeskripsikan proses sintesis protein

II. Materi Ajar
• Kode genetik
• Sintesis protein

III. Metode Pembelajaran
Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I7 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (20 menit)
• Guru menanyakan kembali struktur DNA dan RNA.
• Guru menanyakan kembali macam basa nitrogen yang terdapat dalam DNA dan RNA.

B. Kegiatan inti (60 menit)
• Guru menjelaskan hubungan antara sifat genotip dengan sifat fenotip.
• Siswa bersama guru mendiskusikan sistem pengaturan kode genetik (Kodon).
• Dengan menggunkan Gambar 3.21, 3.22, dan 3.23, siswa mendiskusikan proses sintesis protein.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara DNA, RNA, kode genetik, dan sintesis protein.

V. Alat / Bahan/ Sumber
• Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
• Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
• Uji kompetensi tertulis




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 18, 19, dan 20
Alokasi Waktu : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat

Tujuan : 1. Siswa mampu membedakan dan menjelaskan proses pembelahan mitosis dan meiosis, serta keterkaitannya dengan pewarisan sifat
2. Siswa mampu menjelaskan proses gonetogenesis

=======================================================================

I. Indikator
• Menggambar siklus sel
• Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah
• Mengamati pembelahan sel
• Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis
• Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan meiosis

II. Materi Ajar
• Siklus sel
• Mitosis
• Meiosis
• Gemetogenesis

III. Metode pembelajaran
Pengamatan-Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 18 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru mengingatkan kembali adanya gejala pertumbuhan.
• Guru menayakan kepada siswa hubungan antara pertumbuhan dan pembelahan sel.

B. Kegiatan inti (70 menit)
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan pembelahan amitosis, mitosis, dan meiosis dilihat dari aspek proses dan hasilnya.
• Siswa mendiskusikan proses dan contoh pembelahan amitosis.
• Dengan menggunakan Gambar 4.3, siswa bersama guru mendiskusikan sikuls sel (tahap G1, S, G2, dan fase mitotik).
• Dengan menggunakan Gambar 4.4, siswa bersama guru mendiskusikan profase, metafase, anafase, dan telofase pada pembelahan mitosis.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian pembelahan sel, siklus sel, dan fase-fase pembelahan mitosis.

Pertemuan 19 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan kembali tahap-tahap pada pembelahan mitosis.
• Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan pembelahan sel dengan Kegiatan 4.1 (apabila tidak memungkinkan pengamatan dapat dilakukan dengan pengmatan preparat awetan atau foto mikroskopis).

B. Kegiatan inti (70 menit)
• Siswa menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
• Siswa melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop.
• Siswa menentukan fase pembelahan sel pada sel-sel yang teramati.
• Siswa menggambar hasil pengamatan.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa menyimpulkan hasil pengamatan dengan menjawab pertanyaan diskusi dari Kegiatan 4.1.
• Siswa mengumpulkan hasil kegiatan.

Pertemuan 20 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (20 menit)
• Guru menanyakan perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis dilihat dari proses dan hasilnya.
• Guru menjelaskan adanya perbedaan yang mendasar antara tahap metafase mitosis dengan metafase meiosis I dan anafase mitosis dan anafase meiosis I.
• Guru menjelaskan bahwa pada meiosis I proses pembelahannya sama dengan mitosis.

B. Kegiatan inti (60 menit)
• Guru menugaskan kepada siswa untuk menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis jika diketahui jumlah kromosomnya.
• Siswa mengidentifikasi hasil dari pembelahan meiosis dilihat dari jumlah sel anakan dan sifat kromosomnya.
• Guru menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat.
• Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis yang terjadi pada pembentukan gamet (gametogenesis pada hewan).
• Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis pada gametogenesis tumbuhan.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa bersama guru menyimpulkan tahap-tahap meiosis.
• Siswa bersama guru menyimpulkan proses gametogenesis dan hasilnya.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
• Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
• Laporan hasil pengamatan
• Uji kompetensi tertulis





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 21, 22, 23, dan 24
Alokasi Waktu : 8 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
Tujuan : Siswa memahami prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat

======================================================================

I. Indikator
• Menerapkan pola umum hereditas menurut Mendel
• Menguji hukum mendel dan model perkawinan monohibrid dan dihibrid
• Menerapkan beberapa pola penurunan sifat
• Menerapkan pola-pola hereditas pada manusia

II. Materi Ajar
• Hukum Mendel
• Pola-pola hereditas
• Genetika manusia

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi

IV. Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan 21 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan kembali pengertian gen kepada siswa.
• Guru menjelaskan latar belakang penelitian Mendel dengan menggunakan kacang kapri.

B. Kegiatan inti (70 menit)
• Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel I (hukum segregasi).
• Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dalam pembentukan gamet.
• Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dengan beberapa kasus perkawinan monohibrid pada pada kacang kapri
• Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel II ( Law of Independent Assortment).
• Siswa menerapkan Hukum Mendel II dalam pembentukan gamet.
• Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel II pada beberapa beberapa kasus perkawinan dihibrid pada kacang kapri.
• Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip Testcross, Backcross, dan persilangan resiprok.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa bersama guru menyimpulkan hukum Mendel dan implementasinya pada pewarisan sifat.

Pertemuan 22 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan kembali prinsip hukum Mendel.
• Guru meminta guru menguji kebenaran hukum Mendel dengan model persilangan menggunakan kancing genetika dengan Kegiatan 5.1.

B. Kegiatan inti (70 menit)
• Siswa menyiapkan Kegiatan 5.1 dengan mengambil seperangkat kancing genetika.
• Siswa melakukan pengujian hukum Mendel I dengan model perkawinan monohibrid dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
• Siswa melanjutkan dengan dengan menguji hukum Mendel II dengan model perkawinan dihibrid dengan menggunakan petunjuk yang diberikan guru.
• Siswa mencatat hasil penghitungan dan membulatkan perbandingan.
• Siswa menyimpulkan hasil penghitungan dengan hasil teoritik menurut hukum Mendel.
• Siswa menyusun laporan hasil kegiatan.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru mengumpulkan hasil kegiatan setiap kelompok, kemudian menghitung hasil kelas.
• Siswa menyimpulkan perbandingan antara hasil kelompok dan hasil kelas.
• Siswa mengumpulkan laporan hasil kegiatan.

Pertemuan 23 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan kemungkinan perbandingan fenotip keturunan pada perkawinan monohibrid heterozigot (F2).
• Guru menanyakan kemungkinan perbendingan fenotip keturunan pada perkawinan dihibrid heterozigot (F2).
• Guru menjelaskan ada pewarisan sifat yang seolah-olah menyimpang dari hukum Mendel.

B. Kegiatan inti (75 menit)
• Guru memberikan contoh karakter yang bersifat intermediet (dominansi tidak sempurna) lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbendingan yang dihasilkan.
• Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kodominan, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab terjadinya perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
• Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel ganda, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
• Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel letal, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
• Guru memberikan contoh karakter yang bersifat atavisme, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
• Guru memberikan contoh karakter yang bersifat polimeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan
• Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kriptomeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
• Guru memberikan contoh karakter yang bersifat epistasis dan hipotasis, lalu siswa menghitung perbandingan fenotif pada F2.
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
• Guru memberikan contoh karakter yang bersifat komplementer, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
• Guru memberikan contoh terjadinya tautan dan pindah silang, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip keturunannya.
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
• Guru memberikan contoh gen yang tertaut kelamin (Sex linked genes), lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.

C. Kegiatan akhir (5 menit)
• Siswa bersama menyimpulkan hubungan hukum Mendel dengan berbagai pola penurunan sifat.

Pertemuan 24 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (15 menit)
• Guru menanyakan kepada siswa apakah prinsip-prinsip hukum Mendel dapat diterapkan dengan mudah pada manusia.
• Siswa bersama guru mendiskusikan kesulitan mempelajari genetika pada manusia.
• Siswa bersama guru mendiskuikan penggunaan peta silsilah untuk mempelajari genetika manusia.

B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru menjelaskan prinsip pewarisan sifat golongan sistem ABO, MN, dan Rh.
• Guru memberikan beberapa contoh permasalahan golongan darah pada manusia dan siswa memecahkan permasalahan tersebut.
• Guru menjelaskan beberapa kelainan genetis pada manusia.
• Guru memberikan beberapa persoalan gangguan/penyakit genetis pada manusia dan siswa memecahkan persoalan tersebut.
• Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada tumbuhan dan hewan.
• Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada manusia.

C. Kegiatan akhir (5 menit)
• Bersama siswa menyimpulkan prinsip penerapan genetika pada manusia.
• Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan Kegiatan 5.3 dan 5.4. Hasil pengkajian disusun dalam kertas kerja yang dijilid dan dikumpulkan.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
• Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
• Laporan hasil kegiatan
• Uji kompetensi tertulis








































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 25 dan 26
Alokasi Waktu : 4 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.4 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan perisitwa mutasi

======================================================================

I. Indikator
• Mendeskripsikan pengertian mutasi
• Mendeskripsikan berbagai model mutasi gen
• Mendeskripsikan berbagai model mutasi kromosom
• Mengubungkan mutasi dan evolusi

II. Materi Ajar
• Pengertian mutasi
• Macam-macam mutasi:
1. Mutasi gen
2. Mutasi kromosom

III. Metode Pembelajaran
Diskusi- Penugasan-Simulasi model

IV. Langkah-Langkah pembelajaran

Pertemuan 25 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru mengingatkan kembali adanya sifat yang dapat diwariskan (gen) dan mekanisme pengaturannya.
• Siswa bersama guru mendiskusikan hal yang akan terjadi seandainya susunan gen mengalami perubahan.

B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru meminta siswa menunjukkan beberapa gejala mutasi baik alami maupun buatan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
• Siswa mendefinisikan pengertian mutasi berdasarkan gejala-gejala yang dapat ditemukan.
• Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme terjadinya mutasi.
• Siswa bersama guru mendiskusikan macam-macam mutasi berdasarkan tempat terjadinya.
• Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan mutasi tingkat gen dan tingkat kromosom.
• Dengan menggunakan gambar atau model siswa bersama mendiskusikan berbagai kemungkinan yang akan terjadi pada mutasi gen.
• Siswa untuk membuat model mutasi pergesaran kerangka dengan menggunakan Kegiatan 6.1 dalam kelompok.
• Siswa mendiskusikan pertanyaan pada Kegiatan 6.1.
• Siswa membuat laporan Kegiatan 6.1.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian mutasi, macam-macam mutasi, dan berbagai kemungkinan yang terjadi pada mutasi gen.

Pertemuan 26 (2 × 45 menit)

A. Kegiatan awal (5 menit)
• Guru menanyakan kembali tentang berbagai macam mutasi dilihat dari tingkat terjadinya mutasi.
• Guru menanyakan kembali pengertian mutasi kromosom.

B. Kegiatan inti (75 menit)
• Siswa bersama guru mendiskusikan kemungkinan yang terjadi pada mutasi kromosom.
• Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai kelainan yang terjadi pada manusia yang mengalami mutasi kromosom.
• Siswa bersama guru mendiskusikan peranan mutasi bagi pembentukan spesies baru dan evolusi.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai macam mutasi kromosom dan dampaknya.
• Siswa bersama guru menyimpulkan peranan mutasi bagi proses evolusi.
• Guru menugaskan siswa untuk menyusun ketas kerja dengan Kegiatan 6.3 atau diskusi Salingtemas.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
• Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
• Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
• Ujian kompetensi tertulis
• Tugas kertas kerja






0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com